Reproduksi Ganggang

a. Reproduksi aseksual pada ganggang, yaitu:

Reproduksi secara aseksual pada ganggang dapat terjadi melalui pembelahan biner, fragmentasi, dan pembentukan spora vegetatif.
  • Pembelahan biner
Pada euglenoid, pembelahan biner terjadi secara membujur. Pembelahan diawali dengan pembelahan inti, diikuti pembelahan sitoplasma, dari satu sel induk menghasilkan dua sel anakan yang tumbuh menjadi ganggang baru

  • Fragmentasi
Fragmentasi adalah pemutusan sebagian tubuh ganggang. Bagian tubuh yang terlepas dari tubuh induk akan tumbuh menjadi ganggang baru. Fragmentasi terjadi pada ganggang multiseluler yang berbentuk filamen dan talus. Contohnya: Gladophomonas, Hydrodictyon, Vaucheria, Ulotrix, Spirogyra.



  • Pembentukan Spora vegetatif 
Pembentukan spora vegetatif di dalam sel induk yang menghasilkan zoospora. Pembentukan spora vegetatif ini dapat terjadi jika kondisi llingkungan mendukung dan jumlah makanan mencukupi, terjadi pada ganggang uniseluler maupun multiseluler, misalnya Chlamydomonas, Hidrodictyon, Vaucheria, Ulotrix

b. Reproduksi seksual pada ganggang

Reproduksi seksual terjadi secara konyugasi, singami, anisogami.
  • · Konjugasi adalah proses saling berlengketan dua individu yang berbeda jenis. Diikuti dengan terjadinya plasmogami (peleburan plasma sel) dan kariogami (peleburan inti sel). Contoh ganggang yang dapat berkonyugasi adalah Spirogyra yang berbentuk filamen yang tidak bercabang. 
  • · Singami adalah peleburan antara dua sel gamet yang sama bentuk dan ukurannya, tetapi berbeda jenisnya ((+) dan (-)) dan diikuti terjadinya peleburan inti, yang menghasilkan zigot yang dploid (2n). Contohnya ganggang hijau Ulva. 
  • · Anisogami adalah peleburan antara sel gamet yang berbeda ukuran dan bentuknya. Anisogami dapat berupa oogami, yaitu masuknya sel gamet jantan berflagela (sperma) ke sel gamet betina (ovum) kemudian terjadi peleburan inti. Hasil fertilizsasi adalah zigot. Contohnya Laminaria.

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama